Umat Muslim Puasa Sunnah Bula Rajab, Warga Baduy Hari Ini Mulai Puasa Selama 3 Bulan Kawalu

- Selasa, 24 Januari 2023 | 15:27 WIB
Warga Baduy Dalam sedang melewati kampung Kaduketug di Baduy Luar. Mulai Selasa, 24 Januari hingga 24 April 2023 mereka memasuki bulan Kawalu (foto@Nurhaipin/esnbanten)
Warga Baduy Dalam sedang melewati kampung Kaduketug di Baduy Luar. Mulai Selasa, 24 Januari hingga 24 April 2023 mereka memasuki bulan Kawalu (foto@Nurhaipin/esnbanten)

ESNBanten--Memasuki bulan Rajab yang jatuh pada Senin 23 Januari 2023, umat muslim disunahkan untuk melaksankan puasa Rajab.

Awal bulan Rajab 1444 H jatuh pada tanggal 23 Januari 2023, artinya puasa Rajab 2023 sudah bisa dilaksanakan mulai tanggal ini. Puasa Rajab bisa dilaksanakan selama masih masuk bulan tersebut. Lamanya puasa sunnah bulan Rajab tidak ditentukan.

Hampir berbarengan dengan umat muslim yang bisa melaksanakan puasa sunnah bula Rajab, Masyarakat adat Baduy Dalam di Desa Kanekes Kabupaten Lebak Banten, juga mulai melaksanakan puasa bulan Kawalu, mulai 24 Januari 2023.

Namun lamanya berpuasa bagi masyarakat Baduy ini, ditentukan selama 3 bulan.
Selain berpuasa selama 3 bulan, juga diberlakukan larangan mengunjungi Baduy Dalam.

Baca Juga: 500 Kios di Kawasan Banten Lama Rusak dan Tak Berfungsi, Banyak KWh Meter Hilang dan Jadi Tempat Mesum

Berdasarkan penanggalan masyarakat adat Kanekes atau Baduy, 24 Januari 2023 ini di Baduy sedang berlangsung prosesi Kawalu.

Keputusan ini disepakati oleh Tangtu Tilu dan Jaro Tujuh sebagai lembaga adat tersebut juga mengamanatkan larangan berkunjung bagi tamu rombongan untuk memasuki Baduy Dalam, yaitu Cibeo, Cikartawana dan Cikeusik.

Dikutip dari buku Etnografi Baduy, Kawalu adalah bulan saat mereka berpuasa yang diwajibkan hanya bagi kaum lelaki dan perempuan dewasa yang dianggap mampu dan dalam keadaan sehat

Berdasar kalender adat Kanekes, Puasa Kawalu berlangsung di bulan Kasa, bulan Karo dan bulan Katiga.

Halaman:

Editor: Kamim Rohener

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UPTD PJJ Perbaiki Jalan Ahmad Yani Pandeglang

Sabtu, 21 Januari 2023 | 01:33 WIB
X