• Kamis, 28 September 2023

Akhirnya Kemendikbudristek Keluarkan Surat Edaran Soal Fenomena Wisuda, Mohon Disimak Begini Isinya

- Minggu, 25 Juni 2023 | 22:09 WIB
Ilustrasi kegiatan wisuda/foto/istimewa/
Ilustrasi kegiatan wisuda/foto/istimewa/

Esnbanten - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akhirnya mengeluarkan surat edaran terkait tentang Kegiatan Wisuda pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini, Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar, dan Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Menengah.

Surat edaran bernomor 14 tahun 2023 itu melarang kegiatan fenomena dan budaya kegiatan wisuda yang dilaksanakan pada satuan pendidikan anak usia dini, satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar, dan satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah.

Sebelumnya, fenomena wisuda yang dari sejumlah satuan pendidikan itu sempat dikeluhkan oleh orang tua murid, lantaran sangat memberatkan.

Baca Juga: Hasil Timnas Bola Voli Putri Indonesia vs Vietnam, Mega Gacor Lagi, Berjuang Keras Garuda Gagal Mendunia

"Memastikan satuan pendidikan anak usia dini, satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar, dan satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di wilayah kerja Saudara tidak menjadikan kegiatan wisuda sebagai kegiatan yang bersifat wajib dan pelaksanaan kegiatan wisuda tidak boleh membebani orang tua/wali peserta didik,"tulis surat edaran tersebut yang dikutip pada Minggu (25/6/2023).

 

Surat edaran yang ditunjukkan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kepala Dinas Kabupaten/Kota agar melakukan pembinaan kepada seluruh satuan pendidikan di wilayahnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas layanan kepada peserta didik.

Baca Juga: Hasil Badminton Taipei Open 2023, Taklukan Su Li Yang Chico Juara

"Memastikan bahwa kegiatan pada satuan pendidikan anak usia dini, satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar, dan satuan pendidikan jenjang pendidikan menengah di wilayah kerja Saudara melibatkan komite sekolah dan orang tua/wali peserta didik sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah,"tulisnya lagi.***

Editor: Aep Saepulloh

Tags

Terkini

X